Bahaya Kebanyakan Makan Jengkol Untuk Ginjal

Pernah dengar bahaya kebanyakan makan jengkol untuk ginjal? Katanya terlalu banyak makan jengkol bisa memicu gagal ginjal sampai dengan kematian, lho.

Apakah faktanya benar begitu?

Nah, bagi Anda yang penasaran, di sini kami telah mendapatkan informasi seputar hubungan jengkol dengan kesehatan ginjal. Mau tahu? Simak terus dan dapatkan jawabannya.

Bahaya Kebanyakan Makan Jengkol Untuk Ginjal

Jengkol

Jengkol ini termasuk salah satu primadona untuk sebagian masyarakat Indonesia, yang paling terkenal adalah semur jengkol.

Meskipun memiliki rasa yang katanya gurih ini, tidak lantas membuat semua orang suka, salah satunya karena aroma ‘khas’ yang semliwir baunya.

Jejak-jejak bau jengkol ini tidak hanya tertinggal di mulut dan membuat tidak nyaman lawan bicara, tapi juga bisa tertinggal di toilet saat orang yang makan jengkol pipis atau BAB.

Nah, jengkol juga sama seperti makanan lainnya, mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A dan B, mineral (fosfor, kalsium, dan zat besi), karbohidrat, serta lemak.

Jengkol juga dipercaya dapat membantu menangkal radikal bebas, lho.

Lalu, kenapa jengkol dibilang berbahaya?

Begini, jengkol tidak akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Namun, efeknya bisa jadi membahayakan tubuh jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Anda perlu tahu jika segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk makan jengkol. maka dari itu, penting bagi Anda pecinta hidangan berbahan jengkol, jangan sampai berlebihan saat mengonsumsinya, walaupun Anda suka dan ingin sekali.

Tidak banyak orang yang tahu jika kebanyakan makan jengkol bisa berimbas pada kesehatan ginjal. Beberapa dokter mengatakan, konsumsi jengkol secara berlebihan bisa memicu gagal ginjal.

Kenapa Bisa? Berikut penjelasannya.

Bahaya Kebanyakan Makan Jengkol Untuk Ginjal

Anda pernah mendengar istilah jengkolan atau jengkoleun?

Selain mineral dan vitamin, jengkol juga memiliki asam jengkolat sebagai kandungannya. Nah, ketika Anda terlalu banyak mengonsumsinya, Anda bisa mengalami jengkolan atau keracunan jengkol.

Terlalu banyaknya asam jengkolat yang masuk ke dalam tubuh juga dapat berubah menjadi kristal kemudian menumpuk di saluran ginjal.

Kristal yang tajam bisa melukai ginjal. Jika dibiarkan begitu saja tanpa mendapatkan penanganan apapun, bisa memicu gangguan ginjal yang lebih parah hingga terjadinya gagal ginjal.

Pada tahap awal, Anda akan mengalami beberapa kondisi sebagai gejalanya, seperti sakit pinggang, susah buang air kecil sampai dengan kencing berdarah.

Dokter spesialis penyakit dalam di RS Mitra Keluarga, yakni dr Okki Ramadian SpPD, mengatakan jika kondisi tersebut dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi jengkol secara berlebihan.

Jadi, sudah tahu, kan, hubungan antara kebanyakan makan jengkol dengan meningkatnya risiko terkena gagal ginjal?

Setelah tahu bahaya kebanyakan makan jengkol untuk ginjal, masih mau makan jengkol secara berlebihan? Kalau saya sih, enggak.

Apa yang harus dilakukan ketika mengalami keracunan jengkol?

Ketika Anda mengalami keracunan jengkol, segera atasi dengan mengunjungi rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya guna mendapatkan penanganan.

Jangan sampai keracunan jengkol yang Anda alami menyebabkan terjadinya gagal ginjal akut. Kondisi ini tentu saja dapat membahayakan Anda.

Selain harus ketergantungan dengan obat, Anda juga harus melakukan cuci darah secara rutin sesuai anjuran dokter dilihat dari tingkat keparahannya. Mulai dari seminggu sekali sampai dengan beberapa kali dalam seminggu.

Keharusan cuci darah dapat menambah pengeluaran Anda setiap minggu atau bulannya mengingat biaya cuci darah yang tidak murah. Apalagi kalau harus dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

Nah, selain dengan cara medis, Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk mengatasinya. Anda bisa menggunakan ramuan dari ekstrak teripang untuk mengatasi keracunan jengkol atau untuk mencegah sekaligus mengobati gangguan ginjal.

Informasi khasiat lebih lengkapnya, silakan baca disini :
Cara Mencegah dan Mengatasi Gagal Ginjal


Nah, itu tadi informasi bahaya kebanyakan makan jengkol untuk ginjal Anda. Semoga, apa yang telah saya sampaikan ini bisa bermanfaat, ya 🙂

Jangan lupa datang lagi untuk mendapatkan informasi menarik seputar kesahatan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*