Perkiraan Biaya Operasi Batu Ginjal (Terbaru) dan Metodenya

Ketika ukuran batu ginjal semakin membesar, tindakan operasi biasanya akan di ambil guna mengeluarkan batu tersebut. Perlu Anda tahu, beda metode yang digunakan, beda juga biaya operasi batu ginjal yang harus dikeluarkan.

Nah, kali ini laman obatbatuginjalalami.my.id akan memberikan informasi seputar perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi, metode yang digunakan, dan juga efek samping yang bisa muncul pasca operasi.

Batu Ginjal
Copyright : google image

Jadi, bagi Anda yang memang kebetulan sedang mencari referensi biaya operasi batu ginjal di rumah sakit besar di kota tertentu, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Solo, Palembang, atau kota lainnya, informasi ini mungkin bisa sedikit memberi pencerahan.

Namun, sebelum itu mari kita ketahui dulu beberapa bahaya dan komplikasi batu ginjal apabila tidak segera ditangani dengan benar untuk menambah wawasan kita.

Batu yang terbentuk di ginjal alangkah baiknya untuk segera dikeluarkan. Jika memang tidak bereaksi dengan obat-obatan, jalan operasi bisa diambil sebagai solusi lainnya.

Kenapa harus segera dikeluarkan? Karena, ukuran dan jumlah batu ginjal bisa terus berkembang. Bukan tidak mungkin, batu ginjal dengan ukuran besar bisa tersangkut di ureter dan memicu komplikasi berupa:

  • Infeksi saluran kemih
  • Refluks urine yang malah kembali ke ginjal
  • Infeksi ginjal
  • Avulsi ureter, sampai dengan
  • Sepsis atau infeksi yang sudah menyebar ke darah dan bisa berakibat fatal, bahkan kematian.

Oleh karena itu, saat Anda divonis menderita batu ginjal untuk pertama kalinya, Anda sebaiknya segera melakukan tindakan pengobatan secepatnya. Sehingga, peluang Anda untuk sembuh juga semakin besar.

Lalu, Berapa Biaya Operasi Batu Ginjal yang Harus Dikeluarkan?

Umumnya, setiap rumah sakit memiliki kebijakan masing-masing. Sehingga, kisaran biaya operasi batu ginjal ini tidak bisa sepenuhnya dijadikan patokan secara pasti.

Namun, berdasarkan survei yang telah dilakukan dan berdasarkan dari pengalaman beberapa pasien, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sebesar 7 sampai 25 juta rupiah.

Biaya Operasi Batu Ginjal
Copyright : Antara

Biaya operasi batu ginjal yang dikeluarkan masing-masing pasien bisa berbeda, tergantung dari kelas dan metode yang digunakan. Belum lagi biaya konsultasi dengan dokter spesialis sebelum dan pasca operasi, biaya rawat inap, obat-obatan yang harus dikonsumsi selama masa pemulihan, dan biaya tambahan lainnya.

Selain itu, Anda juga masih harus melakukan check-up untuk memantau kesehatan Anda. Biasanya, biaya yang harus dikeluarkan antara Rp 150 ribu sampai Rp 700 ribuan.

Untuk menapatkan bantuan biaya operasi batu ginjal dengan BPJS, Anda bisa mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak BPJS. Di mulai dari periksa di fasilitas kesehatan pertama, seperti puskesmas untuk mendapatkan rujukan, sampai dengan menyiapkan berkas-berkas lain yang dibutuhkan.

Beberapa Metode Operasi Batu Ginjal dan Efek Sampingnya

Metode operasi batu ginjal yang paling umum dilakukan adalah operasi konvensional atau operasi terbuka yang membutuhkan pembedahan guna mengeluarkan batu dari dalam ginjal. Biaya operasi batu ginjal metode ini biasanya di atas Rp 7,5 juta.

Selain operasi konvensional, masih ada beberapa jenis metode operasi batu ginjal lainnya. Tentu saja, dengan harga yang berbeda setiap metodenya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy ( ESWL )

Sebelum dilakukan ESWL, dokter akan melakukan serangkaian test, termasuk USG untuk mengetahui posisi batu ginjal Anda. Proses penghancuran batu ginjal dengan metode ini tidak diperlukan sayatan ataupun pembedahan. Karena, menggunakan gelombang kejut (Shock wave).

Biaya Operasi Batu Ginjal
Technik ESWL / Copyright : SlidePlayer

Gelombang kejut (Shock wave) ini merupakan gelombang suara yang dihasilkan oleh alat ESWL guna memecahkan atau menghancurkan batu ginjal secara tepat sasaran setelah diketahui lokasinya melalui USG.

Ada beberapa jenis alat ESWL. Namun, jenis yang paling sering digunakan adalah electrohydraulic lithotripter.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk prosedur ESWL ini biasanya lebih mahal dari operasi konvensional.

  • Electrohydraulic Lithotripsy (EHL)

Metode pengeluaran batu ginjal selanjutnya adalah EHL. Metode ini memanfaatkan gelombang yang terbentuk dari tenaga listrik dalam proses menghancurkan batu ginjal pasien.

Alat yang digunakan dalam metode ini adalah probe yang lebih fleksibel. Alat tersebut akan didekatkan pada batu ginjal dengan menggunakan Uretereoskop. Meskipun tidak membutuhkan sayatan, sayangnya metode ini bisa menimbulkan dampak negatif.

  • Percutaneous Nephrolithomy (PCNL)

Metode ini cukup efektif untuk mengatasi batu ginjal dengan ukuran atau diameter 21mm sampai 30mm. Alat yang digunakan dalam metode PCNL ini bernama Nephroscope.

Dokter akan membuat sayatan kecil di belakang tubuh pasien sebagai jalur untuk memasukkan alat Nephroscope tersebut. Dalam alat tersebut terdapat penyedot dan lasser. Jika tidak bisa dengan cara menyedotnya, maka akan dihancurkan dulu dengan laser yang ada pada alat tersebut.

Selain 3 jenis metode operasi batu ginjal di atas yang membutuhkan biaya berbeda, metode lainnya adalah Ureteroskopi.

Efek Samping Operasi Batu Ginjal
Foto : Google image

Dalam prosesnya, dokter spesialis yang menangani Anda akan memasukkan scope yang kecil dan fleksibel ini ke dalam ginjal pasien melalui kandung kemih serta ureter.

Apabila ukuran batu ginjal ternyata besar, maka laser akan di tembakkan melalui scope tersebut guna memacahkan batu ginjal menjadi ukuran yang lebih kecil.

Setelahnya, dokter akan menempatkan stent ke dalam saluran ureter pasien yang mana bertujuan untuk memberi jalan agar batu yang telah hancur dan urine bisa mengalir dengan lancar dari ginjal ke kandung kemih.

Biasanya, stent akan di lepaskan kembali dalam waktu 4 sampai 10 hari setelah dilakukannya pengeluaran batu ginjal dengan metode Ureteroskopi ini.

Bukan tanpa efek samping, seperti tindakan medis lainnya yang bisa menimbulkan efek samping, metode Ureteroskopi ini bisa menyebabkan penyempitan pada saluran ureter, pendarahan, sampai dengan infeksi.

Nah, itu dia kisaran biaya operasi batu ginjal, metode, dan juga efek samping yang bisa terjadi pasca melakukan operasi batu ginjal.

Terima kasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk menyimak artikel ini. Semoga, informasi biaya operasi batu ginjal di atas bisa membantu Anda dalam mempersiapkan dana sebelum melakukan indakan operasi.

Anda yang ragu-ragu untuk melakukan operasi, bisa dibantu dengan alternatif obat herbal Gamat Emas Kapsul. Khasiat lebih lengkap dan juga testimoni dari konsumen kami yang sudah berhasil sembuh, silakan baca di : Obat Batu Ginjal Alami

Salam sehat dan semoga Anda lekas sembuh (Aamiin)

Biaya Operasi Batu Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*