Biaya Transplantasi Ginjal di Rumah Sakit Indonesia

Transplantasi atau pencangkokan ginjal seringkali menjadi alternatif terbaik untuk penderita gagal ginjal. Namun, biaya transplantasi ginjal yang begitu mahal menjadi kendala bagi pasien dengan kemampuan ekonomi bawah.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari informasi kisaran biaya untuk melakukan transplantasi ginjal di Rumah Sakit yang ada di Indonesia, berikut kami telah merangkumnya.

Biaya Transplantasi Ginjal

Semoga, informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Kisaran Biaya Transplantasi Ginjal di Rumah Sakit Indonesia

Pasien dengan gagal ginjal diharuskan melakukan cuci darah setiap beberapa kali seminggu, sesuai tingkat keparahannya.

Hal ini lantaran ginjal tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana mestinya, baik dalam meproduksi urine maupun menyaring darah dalam tubuh. Sehingga, fungsinya untuk menyaring darah digantikan oleh mesin khusus.

Pencangkokan atau transplantasi darah seringkali dianggap sebagai solusi paling efektif dibandingkan cuci darah. Transplantasi ginjal dapat meminimalisir kerusakan yang lebih parah dan gangguan lain yang bisa saja muncul akibat gagal ginjal.

Sebelum dilakukannya transplantasi ginjal, ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan pendonor dan juga Anda sebagai resipien atau penerima donor.

Pemeriksaan tersebut meliputi Human Leukocyte Antigen (HLA) dan crossmatch untuk mengetahui tingkat kecocokan antara pendonor dan penerima donor ginjal.

Jika pemeriksaan tersebut menunjukan hasil yang cocok antara pendonor dan penerima donor, jantung dan pembuluh darah juga bagus, maka proses operasi transplantasi ginjal siap dilakukan.

Untuk biaya transplantasi ginjal sendiri biasanya disetiap rumah sakit akan berbeda, sesuai kelas yang diambil.

Untuk melakukan tindakan operasi transplantasi ginjal ini setidaknya Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 250 sampai dengan Rp 500 jutaan.

dr Iri Kuswadi SpPD-KGH FINASIM, Ketua Tim Transplantasi Ginjal RSUP Dr Sardjito juga menambahkan jika resipien transplantasi ginjal harus mendapatkan dua kali injeksi, sebelum operasi dilakukan dan empat hari setelah operasi.

Dan, biaya satu kali injeksi tersebut adalah sekitar Rp 20 juta.

Setelah melakukan transplantasi, Anda juga masih harus melakukan serangkaian pemeriksaan lainnya, termasuk tes urine yang dilakukan setiap tiga hari sekali selama empat bulan.

Tes tersebut bertujuan untuk mengecek apakah terjadi rejeksi atau tidak setelah dilakukan transplantasi.

Pemulihan Pasca Operasi Transplantasi Ginjal

Untuk membantu proses pemulihan pasca operasi transplantasi ginjal yang Anda lakukan, selain melakukan pemeriksaan sesuai jadwal yang telah dokter tetapkan, Anda juga bisa membantunya dengan konsumsi ekstrak gamat emas.

Senyawa aktif dalam teripang bagus untuk membantu pemulihan fisik pasca operasi. Selain itu, beberapa kandungan di dalamnya juga berkhasiat untuk:

  • Mencegah maupun mengatasi infeksi yang mungkin muncul sebagai komplikasi pasca operasi
  • Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi
  • Mencegah pembentukan keloid

Cell Growth Factor atau CGF pada teripang juga memiliki kemampuan regenerasi yang cukup cepat. Ini akan bermanfaat untuk membantu memperbaiki kerusakan pada sel-sel, jaringan, maupun organ pada tubuh. Sehingga, secara perlahan bisa kembali bekerja secara optimal.

BERMINAT?? GAMAT EMAS KAPSUL BISA DIPESAN SEKARANG JUGA!!

GRATIS ONGKOS KIRIM untuk setiap pembelian dari 2 botol ke atas.

Demikianlah informasi mengenai kisaran biaya transplantasi ginjal di atas kami sampaikan. Semoga, informasi di atas bisa membantu Anda yang membutuhkannya.

Biaya Transplantasi Ginjal di Rumah Sakit Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*