Mengenal Ciri Ciri Penyakit Kista Ginjal Sederhana

Sudahkah Anda mengetahui apa saja ciri ciri penyakit kista ginjal sederhana yang harus dikenali kemunculannya?

Kalau belum, informasi kali ini akan membantu Anda. Karena, kami telah merangkum beberapa gejala kista ginjal yang paling umum terjadi.

Jadi, ikuti terus, ya!

Ciri Ciri Penyakit Kista Ginjal Sederhana

Kista Ginjal Sederhana

Kista yang tumbuh pada ginjal terbagi menjadi beberapa jenis, dua diantaranya adalah kista ginjal sederhana dan polikistik (PKD).

Jika pada kasus PKD, kista yang tumbuh bisa membuat ukuran ginjal bertambah besar dan mengganggu fungsi ginjal, maka kista sederhana tidak demikian.

Kista sederhana yang umumnya lebih banyak terjadi pada usia 40 tahun ke atas ini tidak sampai membuat ginjal membesar, namun tetap harus ditangani karena bisa mempengaruhi kesehatan ginjal Anda.

Penyebabnya sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, faktor genetik dicurigai menjadi pemicu paling umum dari penyakit kista ginjal sederhana ini.

Mengenal Ciri Ciri Penyakit Kista Ginjal Sederhana

Pada tahap awal, seringkali gejala kista ginjal sederhana ini tidak dirasakan sama sekali.

Maka dari itu, tidak heran jika kista sederhana lebih banyak diketahui ketika melakukan tes pencitraan seperti USG atau tes lainnya.

Gejala yang lebih signifikan biasanya baru muncul ketika kista telah tumbuh cukup besar.

Ciri ciri penyakit kista ginjal sederhana ini meliputi:

  1. Nyeri Tumpul

Ketika ukuran kista mulai membesar, Anda mungkin akan mendapatkan rasa nyeri yang tumpul pada bagian punggung atau pinggang.

Rasa nyeri juga bisa muncul pada bagian antara tulang rusuk dan panggul.

Saat kista pecah, rasa nyeri yang muncul bisa lebih parah dari sebelumnya, bahkan obat pereda nyeri tidak lagi mempan untuk meredakan nyerinya.

  1. Demam

Kista ginjal yang mengalami infeksi bisa menyebabkan Anda mengalami demam tinggi dan gejala infeksi lainnya, termasuk menggigil atau panas dingin.

  1. Sering Berkemih

Ketika Anda lebih sering pergi ke toilet untuk buang air keecil, meskipun Anda tidak banyak minum, Anda harus mencurigainya.

Karena, salah satu ciri atau pertanda kista ginjal sederhana telah membesar adalah sering buang air kecil atau berkemih.

Salah satu penyebabnya karena ukuran kista yang membesar ini bisa menekan bagian kandung kemih.

  1. Perut Bengkak

Meskipun ginjal sederhana tidak sampai membuat ginjal membesar, tapi ukuran kista yang semakin membesar tetap bisa membuat perut Anda tampak bengkak atau lebih besar.

Selain ke-empat kondisi di atas, kista ginjal sederhana ini juga terkadang bisa menimbulkan kondisi lain, seperti:

  • Warna urine lebih gelap
  • Urine mengandung darah
  • Nyeri pada bagian perut atas

Segera Lakukan Pemeriksaan

Segeralah buat janji dengan dokter jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas. Pemeriksaan yang dilakukan bisa membantu Anda mendapatkan diagnosa lebih cepat.

Kista ginjal yang lebih cepat ditangani membuat Anda mendapatkan peluang sembuh yang lebih besar.

Berdasarkan cara medis, kits ginjal ini dapat di atasi dengan beberapa tindakan, yakni pemberian obat-obatan, drainase kista, sampai dengan operasi untuk menghilangkan kista pada ginjal.

Bagi Anda yang belum siap melakukan operasi dan membutuhkan informasi mengenai cara menangani kista ginjal secara alami selain dengan operasi, silakan baca disini : Obat Alami Kista Ginjal.


Salam sehat.

Posted : Ciri Ciri Penyakit Kista Ginjal Sederhana

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*