Daftar 5 Buah Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Mau tau rahasia ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik? Kalau begitu, di sini Anda akan mendapakannya.

Buah Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Karena, kali ini kami akan membahas informasi terkait daftar 5 buah untuk menjaga kesehatan ginjal yang paling direkomendasikan.

Apabila mengingat fungsi ginjal yang vital, menjaga ginjal tetap dalam kondisi sehat menjadi hal yang sangat penting.

Karena, ginjal yang sehat sudah pasti dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Tips Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Menjaga ginjal tetap sehat itu tidak membutuhkan biaya yang mahal, lho. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Menjaga dan mengatur pola makan
  • Tidak konsumsi alkohol maupun zat kimia berbahaya lainnya yang dapat membuat ginjal bekerja lebih keras
  • Tidak merokok
  • Istirahat dengan cukup
  • Membatasi konsumsi daging olahan dan makanan yang mengandung bahan pengawet lainnya
  • Menjauhi soda
  • Tidak begadang
  • Tetap olahraga secara rutin dan teratur
  • Lakukan pemeriksaan ginjal atau medical ceheck-up secara berkala

Selain itu, ada beberapa jenis buah-buahan yang memang dipercaya bagus untuk mendapatkan ginjal yang sehat.

Mau tahu buah apa saja yang bisa Anda masukan dalam menu harian Anda supaya ginjal tetap sehat? Berikut ulasannya. Ikuti terus, ya!

Daftar 5 Buah Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Anda perlu tahu, bahwa setidaknya ada 5 jenis buah untuk menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda konsumsi setiap harinya.

Buah-buahan yang bagus untuk ginjal tersebut diantaranya:

1. STROBERI Untuk Kesehatan Ginjal

Sikecil dengan warna merah ini tidak hanya memberikan sensasi segar saat dikonsumsi, tapi juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita, termasuk untuk ginjal.

Buah stroberi kaya akan vitamin C, serat, dan juga beberapa mineral. Hal ini tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Selain memiliki antioksidan tinggi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel, buah stroberi juga memiliki anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan pada ginjal.

Dimakan langsung, dijadikan jus atau smoothie, atau bahkan dijadikan toping yoghurt plain bisa jadi cara yang menyenangkan untuk mendapatkan manfaat stroberi untuk ginjal.

2. BLUEBERRY Untuk Kesehatan Ginjal

Masih dari keluarga beri, yakni blueberry. Hampir sama dengan stroberi, blueberry juga memiliki antioksidan dan anti peradangan yang bagus untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Blueberry yang memiliki kandungan rendah sodium, fosfor, dan potasium ini juga dikenal sebagai ‘penjaga ginjal’ yang banyak dikonsumsi.

3. LEMON Untuk Kesehatan Ginjal

Selain untuk membantu masalah kecantikan, lemon yang memiliki rasa asam ini juga termasuk buah untuk menjaga kesehatan ginjal yang harus Anda masukan kedalam list menu Anda.

Air lemon selain kaya akan vitamin C, juga memiliki asam sitrat yang dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh Anda.

Selain itu, dikatakan Stylecraze, mengonsumsi segelas air lemon pada pagi hari dan jelan makan siang dapat menjaga ginjal tetap sehat.

4. APEL Untuk Kesehatan Ginjal

Beberapa sumber kesehatan mengatakan, jika buah apel ini menjadi salah satu buah yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari guna menjaga ginjal tetap berfungsi dengan baik.

Kandungan dalam buah apel dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan yang erat kaitannya dengan kesehatan ginjal, termasuk untuk menurunkan kolesterol tinggi dan mengurangi risiko terkena kanker.

Anda bisa mengonsumsi apel dalam bentuk apapun, baik jus, salad, maupun pie. Tapi, konsumsi langsung dengan kulitnya lebih dianjurkan.

5. CERI Untuk Kesehatan Ginjal

Buah kecil yang sering dijadikan hiasan kue ini diketahui memiliki asam sitrat yang dapat mengurangi asam urat dalam darah dan mempermudah fungsi ginjal untuk mengendalikan keasaman dalam tubuh.

Selain itu, di dalam buah ceri ini juga terdapat vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B6, dan magnesium yang bagus untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh Anda secara keseluruhan.

Bagaimana? Buah yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan ginjal di atas termasuk buah yang enak-enak, kan?

Mulailah rajin konsumsi buah-buaha, utamanya 5 jenis buah di atas agar ginjal Anda bisa terus berfungsi dengan baik.

Namun, yang harus Anda ingat adalah JANGAN mengonsumsinya secara berlebihan. Karena, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Secukupnya saja, ya!


Demikianlah informasi mengenai daftar 5 buah untuk menjaga kesehatan ginjal di atas kami sampaikan. Semoga bermanfaat, ya 🙂

Khusus bagi Anda yang memiliki keluhan dengan penyakit ginjal, silakan kunjungi dan baca ini : Obat herbal penyakit ginjal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*