7 Gejala Batu Ginjal Pada Pria dan Wanita

Biasanya, ukuran batu ginjal yang masih kecil tidak terlalu menunjukan gejala yang signifikan. Gejala batu ginjal yang lebih parah bisa dirasakan saat ukuran batu semakin besar dan bertahan di dalam ginjal. Atau, batu tersangkut dan tidak bisa melewati ureter.

Gejala Batu Ginjal

Gejala juga bisa muncul saat batu ginjal yang Anda alami menyebabkan infeksi, baik pada ureter maupun di dalam ginjal itu sendiri. Maka dari itu, pemeriksaan sebaiknya segera dilakukan apabila Anda mendapati salah satu atau beberapa gejala penyakit batu ginjal seperti di bawah.

7 Gejala Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai Kemunculannya

Sama halnya dengan tahu penyebab batu ginjal untuk melakukan upaya pencegahan, tahu gejalanya membuat Anda bisa segera melakukan pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Ada beberapa kondisi atau perubahan pada tubuh Anda yang harus Anda waspadai kehadirannya. Hal ini karena, beberapa kondisi tersebut bisa menjadi indikasi adanya batu di dalam ginjal Anda.

Setidaknya, ada 7 ciri ciri atau gejala batu ginjal pada pria maupun wanita yang perlu Anda ketahui dan waspadai kehadirannya. Ciri-ciri tersebut meliputi:

1. Urine atau air kencing yang berubaha warna

Apabila warna urine atau air kencing Anda mengalami perubahan menjadi lebih pekat, apalagi jika warnanya berubah menjadi kecoklatan, pink, atau kemerahan yang menandakan urine bercampur dengan darah, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter atau rumah sakit.

Kondisi ini bisa menjadi pertanda batu ginjal mulai memasuki area ureter dan tersangkut di dalamnya. Sehingga, membuat lepisan ureter terkikis. Bahkan, batu ginjal dapat melukai ureter dan menyebabkan pendarahan.

2. Aroma urine atau air kencing yang berbau tidak sedap

Gejala batu ginjal lainnya yang juga harus Anda waspadai selain perubahan warna urine adalah aromanya. Pada banyak kasus, aroma urine atau air kencing penderita batu ginjal sangat menyengat. Kondisi ini juga berkaitan dengan pekatnya kadar zat kimia dan toksin dalam urin.

3. Mual dan muntah-muntah

Bukan hanya gangguan pada lambung saja yang bisa membuat Anda mengalami mual dan muntah. Tapi, batu ginjal juga. Mual dan muntah ini menjadi gejala awal batu ginjal yang tidak boleh diabaikan karena mirip dengan gangguan kesehatan secara umum.

Keberadaan batu di dalam ginjal sedikit banyak dapat mempengaruhi fungsinya. Muntah menjadi salah tanda tubuh Anda sedang berusaha mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

4. Jumlah urine yang sedikit dan sakit ketika berkemih

Selain warna dan aromanya yang berubah, jumlah urine yang sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali disaat Anda merasa ‘kebelet’ juga menjadi pertanda batu ginjal mulai memasuki saluran kemih atau ureter dan tersangkut kerana ukurannya yang terlalu besar.

5. Sakit perut dan punggung bagian bawah

Umumnya, rasa sakit muncul pada bagian atau lokasi batu-batu tersebut berada. Baik pada bagian punggung bawah kiri maupun kanan yang merambat sampai ke perut bawah. Biasanya, semakin besar ukuran batu ginjalnya, semakin parah rasa sakit yang Anda alami.

Gejala Batu Ginjal
Jangan abaikan saat punggung bawah Anda sering terasa sakit (Image : Google)

Selain perut dan punggung bagian bawah, rasa sakit juga bisa muncul pada daerah selangkangan.

6. Demam dan menggigil

Saat batu ginjal sudah mulai menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemid (ginjal, ureter, dan kandung kemih), penderita bisa mengalami demam tinggi sebagai gejala utama infeksi yang disertai menggigil.

7. Ginjal mengalami pembengkakan

Pada kondisi yang lebih parah, ginjal bisa saja mengalami pembengkakan atau hidronefrosis akibat refluks urine yang bukannya keluar malah kembali lagi ke ginjal.

Gejala Batu Ginjal Lainnya

Selain 7 kondisi di atas, Ada beberapa kondisi lainnya yang menjadi bagian dari gejala batu ginjal. Hanya saja, kehadirannya seringkali diabaikan karena tidak terlalu signifikan, seperti:

  1. Sulit menemukan posisi yang nyaman untuk istirahat akibat mengalami 7 atau lebih kondisi seperti di atas
  2. Meningkatnya frekuensi atau hasrat untuk berkemih meningkat
  3. Sering merasa gelisah
  4. Tidak nafsu makan

Nah, itulah tadi beberapa tanda dan gejala batu ginjal yang sebaiknya tidak Anda abaikan kehadirannya. Walau bagaimana pun, penanganan sesegera mungkin sangat Anda butuhkan agar bisa terhindar dari komplikasi dan kondisi yang lebih parah.

Baca Juga : Obat Batu Ginjal Alami (Keluarkan Batu Ginjal Tanpa Operasi)

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas. Apabila Anda rasa artikel gejala batu ginjal di atas bermanfaat untuk orang lain, silakan bantu share 🙂

SALAM SEHAT

Gejala Batu Ginjal

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Makanan Untuk Penderita Batu Ginjal yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi
  2. Komplikasi dan Bahaya Batu Ginjal Jika Tidak Segera Dikeluarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*