Kebiasaan yang Dapat Memicu Batu Ginjal

Pernahkah Anda terfikirkan mengenai kebiasaan yang dapat memicu batu ginjal dan itu kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar sering kita lakukan?

Padahal nih, ya, ada lho kebiasaan yang ternyata bisa memicu timbulnya batu ginjal, baik kebiasaan makan, maupun kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Nah, kali ini laman obatbatuginjalalami.my.id akan memberikan informasi mengenai kebiasaan sehari-hari apa saja yang ternyata bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Semoga bisa bermanfaat, ya 🙂

Kebiasaan yang Dapat Memicu Batu Ginjal
Jangan lupa minum air putih agar terhindar dari batu ginjal dan gangguan ginjal lainnya (copyright : google)

Apa Sajakah Kebiasaan yang Dapat Memicu Batu Ginjal ?

Ternyata ada cukup banyak kebiasaan yang dapat memicu batu ginjal tanpa kita sadari. Kebiasaan ini juga sepertinya sering dilakukan secara berulang.

Kebiasaan pemicu batu ginjal tersebut meliputi:

  1. Mengabaikan rasa haus dan kurang minum air putih
  2. Lebih banyak meminum minuman berwarna
  3. Keranjingan minuman bersoda atau softdrink lainnya yang mana membuat Anda mengonsumsinya hampir setiap hari
  4. Terlalu banyak duduk
  5. Terlalu sering memakan makanan asin atau tinggi garam, termasuk daging olahan seperti sosis, ham, kornet, abon, dan lainnya
  6. Kebanyakan konsumsi suplemen vitamin C. Konsumsilah vitamin C sewajarnya, jangan berlebihan. Pastikan tidak lebih dari 500 mg perharinya

Selain kebiasaan di atas, Anda juga sebaiknya menghindari atau membatasi asupan beberapa makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Bagiamana Cara Menghindari Kebiasaan yang Dapat Memicu Batu Ginjal ?

Pertamanya mungkin memang sudah karena sudah menjadi kebiasaan. Namun, jika Anda memiliki tekad yang kuat, semuanya bisa terlewati dengan mudahnya, meskipun membutuhkan proses.

Kebiasaan yang Dapat Memicu Batu Ginjal
Hindari mengonsumsi soda dan perbanyak minum air putih! Copyright : google

Anda bisa memulainya dari yang paling sederhana. Yakni, memenuhi kebutuhan air setidaknya 7-8 gelas perhari. Untuk informasi, setiap individu membutuhkan asupan air yang berbeda. Apabila urine Anda berwarna bening, artinya kebutuhan air Anda tercukupi. Beda halnya kalau warna urine Anda agak kekuningan.

Kemudian, di sela-sela kebiasaan duduk yang lama, salah satunya karena tuntutan pekerjaan, Anda bisa melakukan peregangan selama 5 menit, baik berjala ke toilet ataupun mengambil air minum.

Yang selanjutnya, batasi atau hindari untuk mengonsumsi soda dan minuman sejenisnya. Anda juga sebaiknya mulai memperhatikan asupan makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya.

Usahakan makanan Anda harus seimbang Antara nutrisi, mineral, vitamin, dan gizi lainnya. Porsinya juga sewajarnya saja, jangan sampai berlebihan.

Untuk menghindari melakukan kebiasaan yang dapat memicu batu ginjal lainnya adalah olahraga, mulai dari olahraga ringan seperti lari, berenang, atau jogging dan jalan cepat, sampai dengan olahraga yang lebih berat.

Pastikan, Anda juga dapat mengelola kadar stres, istirahat dengan cukup, tidur minimal 7-8 jam, serta melakukan medical check-up secara berkala.

Nah, demikianlah informasi mengenai kebiasaan yang dapat memicu batu ginjal. Semoga, artikel ini dapat membantu Anda dalam melakukan upaya pencegahan batu ginjal, ya 🙂

Jangan lupa bantu share jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk orang lain.

SALAM SEHAT

Kebiasaan yang Dapat Memicu Batu Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*