Manfaat dan Khasiat Kumis Kucing Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Tanaman kumis kucing ternyata banyak manfaatnya, lho. Salah satunya untuk penderita batu ginjal. Khasiat kumis kucing untuk mengatasi batu ginjal ini telah dimanfaatkan sejak dulu.

Khasiat Kumis Kucing
Foto : 123RF.com / Java tea, Kidney tea plant or Cat’s whiskers (Orthosiphon aristatus (Blume) Miq. )

Katanya, meminum air rebusan kumis kucing bisa membantu melancarkan keluarnya urine. Yang mana, jika urine ini lancar, batu akan ikut keluar bersama urine.

Namun, benarkah demikian? Berikut ulasan mengenai penggunaan atau pemanfaatkan tanaman kumis kucing untuk atasi penyakit batu ginjal.

Khasiat Kumis Kucing Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Di beberapa derah, tanaman yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus ini dikenal dengan nama lain, seperti:

♦ Madura : Songkot koceng / se-salaseyan
♦ Sunda : Kumis ucing
♦ Jawa : Remujung / remunjung
♦ Sumatera : Giri-giri marah

Tanaman kumis kucing ini banyak digunakan sebagai bahan baku obat tradisional atau hanya sekedar dijadikan teh. Hal ini tidak lepas dari manfaatnya untuk kesehatan.

Bahkan, banyak diantara penderita batu ginjal yang mengambil khasiat kumis kucing ini untuk mengeluarkan batu tersebut melalui urine.

Ramuan daun kumis kucing ini memang efektif dalam membantu mengeluarkan batu ginjal dengan ukuran yang kecil. Namun, ukuran yang lebih besar tetap membutuhkan penanganan khusus.

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Ethnoparmhacology mengungkapkan fakta berikut: Pemberian kumis kucing terhadap tikus memicu peningkatakn produksi urine atau air kencing.

Sifat diuretiknya tidak hanya membantu mengeluarkan batu ginjal yang berukuran kecil saja, tapi juga dapat membantu membersihkan bakteri yang menempel pada kandung kemih.

Kandungan yang Dimiliki Kumis Kucing

Khasiat kumis kucing untuk kesehatan, termasuk penyakit batu ginjal ini tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya.

Beberapa senyawa kimia yang menjadi kandungan kumis kucing ini diantaranya:

  • Minyak atsiris
  • Flavonoid
  • Garam kalium
  • Senyawa turunan terpen
  • Orthosiponin glycosides

Orthosiponin glycosides pada kumis kucing ini juga dipercaya dapat melarutkan zat asam urat, lho. Bagus tuh untuk penderita batu ginjal.

Jadi, jika ada yang bertanya hubungan asam urat dengan batu ginjal itu apa, jawabannya adalah asam urat merupakan salah satu penyebab batu ginjal.

Bagaimana Cara Mendapatkan Khasiat Kumis Kucing Untuk Penderita Batu Ginjal?

Mudah, kok. Karena, ada banyak cara untuk membuat ramuan kumis kucing bagi penderita batu ginjal.

cara membuat ramuan kumis kucing
Air rebusan daun kumis kucing

Berikuit adalah beberapa cara membuat ramuan kumis kucing untuk penderita batu ginjal:

Ramuan Pertama

  • Bahan : 90 gr batang dan daun kumis kucing serta 1 gelas air.
  • Cara membuat : Rebus semua bahan sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat 3 kali sehari.

Ramuan Kedua

  • Bahan : 100 gr daun kumis kucing, 100 gr alang-alang, dan 500 ml air.
  • Cara membuat : Rebus semua bahan yang sudah dicuci bersih sampai mendidih dan menyisakan 1/3 bagian. Kemudian, saring dan diamkan sampai air rebusan hangat.

Minumlah ramuan kumis kucing untuk batu ginjal tersebut setiap pagi setelah bangun tidur.

Ramuan Ketiga

  • Bahan : Daun kumis kucing dan rambut jagung secukupnya, air 500 ml.
  • Cara membuat : Rebus semua bahan sampai mendidih dan tersisa 1-3 bagian. Minumlah air rebusan yang sudah di saring secara rutin dan teratur.

Catatan : Minumlah ramuan kumis kucing yang dibuat dadakan atau baru dibuat.

Apakah Kumis Kucing Ada Efek Sampingnya?

Dari beberapa penelitian, dikatakan bahwa kumis kucing dapat meningkatkan serum BUN dan kadar glukosa darah meskipun hanya sedikit.

Maka dari itu, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi ramuan herbal ini demi menghindari kondisi yang tidak di inginkan.

Selain dengan ramuan kumis kucing, Anda juga bisa meluruhkan batu ginjal secara alami tanpa operasi dengan ramuan teripang atau gamat emas.

Jika tidak mau repot membuatnya, Anda bisa mendapatkan manfaat dari teripang ini dalam kemasan jelly gamat. Khasiat lengkapnya bisa di simak di sini : Obat Peluruh Batu Ginjal.

Nah, itu dia informasi mengenai khasiat kumis kucing untuk mengatasi batu ginjal, kandungan, dan juga cara membuat ramuan kumis kucing sendiri di rumah.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk menyimak informasi kesehatan di atas. Semoga, apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat, yan 🙂

SEMOGA LEKAS SEMBUH

Manfaat dan Khasiat Kumis Kucing Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*