Cara Mendapatkan Khasiat Rebung Bambu Kuning Untuk Batu Ginjal

Kemarin saya mendengar percakapan yang mengatakan bahwa khasiat rebung bambu kuning untuk batu ginjal cukup efektif.

Namun, benarkah demikian?

Khasiat Rebung Bambu Kuning Untuk Batu Ginjal

Saya sudah berhasil mengumpulkan informasi mengenai khasiat dari rebung bambu kuning tersebut untuk membantu mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Tidak panjang, kok. Anda hanya butuh meluangkan waktu sekitar 5-10 menit untuk membaca informasi ini sampai selesai.

Se-efekif Apa Khasiat Rebung Bambu Kuning Untuk Batu Ginjal ?

Rebung atau bambu muda ini banyak digunakan sebagai bahan masakan, salah satunya untuk isian lumpia. Namun, tahukah Anda bahwa di dalamnya terdapat manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk penderita penyakit batu ginjal.

Dalam bahasa sunda, rebung ini di sebut dengan iwung. Salah satu yang membuatnya banyak dikonsumsi oleh penderita batu ginjal karena khasiatnya dipercaya dapat meluruhkan batu ginjal tanpa harus melakukan operasi.

Hal ini tidak lepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan rebung bambu kuning ini diantaranya berupa:

  • Mineral
  • Beberapa jenis vitamin
  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat

Banyak yang mengatakan, bahwa kandungan di dalam rebung bambu kuning bersifat diuretik yang akan membantu mengeluarkan batu ginjal melalui urine.

Hanya saja, air rebusan bambu kuning ini efektif untuk mengeluarkan batu ginjal yang masih berukuran kecil. Untuk ukuran batu ginjal yang lebih besar, tetap dibutuhkan tindakan lanjutan untuk mencegah kondisi yang lebih parah dan komplikasi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Khasiat Rebung Bambu Kuning Untuk Batu Ginjal ?

Mendapatkan khasiat rebung bambu ginjal untuk batu ginjal ini cukup mudah. Anda hanya perlu meminum air rebusan bambu kuning secara rutin dan teratur sampai batu yang ada di dalam ginjal Anda keluar bersama urine.

Cara membuat air rebusan bambu kuning untuk penderita batu ginjal juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan rebung dan air untuk merebus secukupnya.

Iris rebung yang sudah di cuci bersih dan dibuang kulit luarnya tipis-tipis. Kemudian, rebus sampai airnya mendidih dan warna airnya berubah menjadi seperti air teh. Saring air rebusan rebung yang sudah berubah warna, tiriskan dan minum selagi hangat.

Dalam proses perebusannya, ada baiknya Anda tidak menambahkan bahan lain. Cukup rebung bambu kuning saja. Konsumsilah air rebusan bambu kuning ini 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minumnya.

Catatan : Rebung yang sudah digunakan sebaiknya tidak dibuang dulu. Karena, masih bisa digunakan lagi. Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari sebelum merebusnya kembali.

Rebung bisa Anda ganti dengan yang baru jika air rebusan rebung yang sebelumnya tidak menghasilkan warna seperti teh.

Bagaimana Dengan Efek Samping Rebung Bambu Kuning ?

Rebung memang banyak manfaatnya untuk kesehatan, termasuk untuk penderita batu ginjal. Namun, tetap saja Anda harus memperhatikan dosis yang akan Anda konsumsi. Jangan sampai berlebihan.

Seperti yang dikatakan orang tua jamn dulu, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Hal ini karena, rebung juga mengandung sejumlah taxiphyllin, glikosida sianogen, dan Alkaloid sianida yang dapat menghambat sitokrom oksidase (sejenis enzim yang penting dalam respirasi selular).

Nah, itulah beberapa kandungan dan khasiat rebung bambu kuning untuk batu ginjal, cara membuatnya, dan juga efek sampingnya.

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas sampai selesai. Semoga, apa yang kami sampaikan di sini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda.

SEMOGA LEKAS SEMBUH

Khasiat Rebung Bambu Kuning Untuk Batu Ginjal

1 Trackback / Pingback

  1. Asupan Air Untuk Penderita Batu Ginjal yang Benar dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*