Komplikasi dan Bahaya Batu Ginjal Jika Tidak Segera Dikeluarkan

Bahaya Batu Ginjal – Ketika batu yang terbentuk di dalam ginjal tidak segera dikeluarkan, maka bisa terjadi kondisi yang lebih parah.

Salah satu bahaya paling nyata dari penyakit batu ginjal yang tidak mendapatkan penanganan adalah KERUSAKAN GINJAL secara permanen.

Yang mana, apabila ginjal mengalami kerusakan dan tidak bisa lagi berfungsi dengan baik, untuk membersihkan darah dari limbah di dalamnya, penderita membutuhkan bantuan alat atau mesin dialisis.

Bahaya Batu Ginjal
Copyright : davidwolfe.com

Dengan kondisi tersebut, Anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk mengobatinya. Maka dari itu, saat Anda terdiagnosa memiliki batu ginjal, secepatnya Anda harus melakukan pengobatan.

Apabila Anda takut untuk melakukan operasi karena berbagai alasan, Anda bisa menggunakan obat batu ginjal alami sebagai salah satu cara alternatif untuk mengobatinya.

Pengobatan batu ginjal dengan menggunakan bahan alami selain harganya lebih terjangkau, juga lebih aman untuk dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping meskipun dikonsumsi dalam waktu lama.

Nah, kembali ke topik awal. Ada beberapa komplikasi dan bahaya batu ginjal jika tidak segera dikeluarkan yang sebaiknya Anda ketahui disamping gejala batu ginjal yang berupa:

  1. Sakit ketika berkemih dengan jumlah urine yang sedikit
  2. Perubahan warna pada urine yang menjadi lebih gelap atau berwarna merah yang menandakan adanya pendarahan di dalam ginjal atau kandung kemih
  3. Demam yang seringkali disertai dengan rasa dingin (menggigil)
  4. Sakit perut sebelah kiri atau kanan yang menjalar sampai ke pinggang dan punggung
  5. Aroma urine yang menyengat atau berbau tidak sedap

Komplikasi dan Bahaya Batu Ginjal

Selain kerusakan permanen pada ginjal, masih ada lagi komplikasi dan bahaya batu ginjal yang bisa dialami oleh pasien penderita batu ginjal apabila tidak segera mendapatkan penanganan.

Karena, semakin lama batu yang ada di dalam ginjal bisa bertambah besar, belum lagi jumlahnya yang bisa lebih dari satu. Apabila keluar dari ginjal dan menyangkut di ureter, maka ureter bisa terluka dan mengalami pendarahan.

Beberapa komplikasi batu ginjal tersebut bisa berupa:

  • Infeksi saluran kemih yang bisa terjadi saat batu ginjal tersangkut di dalam ureter. Karena, penyumbatan tersebut berpotensi menyebabkan infeksi bakteri
  • Infeksi ginjal yang mana merupakan komplikasi paling umum pada penderita batu ginjal
  • Sepsis. Salah satu kondisi berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Terjadi saat infeksi karena bakteri maupun mikroorganisme lainnya sudah menyebar ke dalam darah
  • Refluks Vesicoureteral atau kondisi di mana urine kembali ke saluran ureter dan parahnya bisa masuk ke dalam ginjal
  • Penyakit ginjal kronis
  • Trauma pada organ pencernaan
    Avulsi ureter. Yakni, kondisi dimana tertariknya otot-otot kandung kemih

Bahaya Batu Ginjal Lainnya

Bahaya Batu Ginjal
copyright : University Health News

Batu ginjal memang tidak bisa dianggap sepele. Ada banyak kondisi yang bisa terjadi saat penyakit tersebut tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain kondisi-kondisi di atas, bahaya batu ginjal lainnya adalah gagal ginjal. Kondisi yang dapat terjadi akibat adanya kerusakan pada ginjal yang membuat organ tersebut tidak bisa lagi berfungsi sebagai mestinya.

Banyak kasus kematian yang diakibatkan oleh kondisi ini (gagal ginjal). Selain dengan melakukan hemodialisis atau cuci darah secara rutin sesuai jadwal, Anda membutuhkan tindakan transplantasi ginjal guna membantu meningkatkan fungsi ginjal yang telah hilang.

Maka dari itu, jangan pernah Anda ragu sekalipun untuk melakukan medical check-up secara rutin, setidaknya 1-2 kali dalam setahun, termasuk pemeriksaan ginjal dan urine.

Dengan begitu, apabila terdapat gangguan yang terjadi pada ginjal bisa diketahui lebih awal. Dan, pengobatan bisa diberikan secepatnya untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Demikianlah informasi komplikasi dan bahaya batu ginjal di atas kami sampaikan. Semoga, selain menambah wawasan kita, juga bisa meningkatkan kepedulian kita terhadap kesehatan sendiri.

Kalau bukan kita yang memperhatikan kesehatan kita sendiri, siapa lagi?

Bagi Anda penderita batu ginjal, jangan menyerah dengan keadaan, jangan berputus asa. Karena, Anda masih memiliki kesempatan untuk sembuh. Tuhan tidak akan memberikan penyakit kecuali dengan obatnya. Tetap semangat, ya !!

Selain itu, jaga dan perhatikan asupan makanan Anda. Karena ada beberapa jenis makanan untuk penderita batu ginjal yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dulu supaya gejalanya tidak semakin parah.

Salam Sehat

Komplikasi dan Bahaya Batu Ginjal

1 Trackback / Pingback

  1. Perkiraan Biaya Operasi Batu Ginjal (Terbaru) dan Metodenya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*