Komplikasi Infeksi Ginjal yang Harus Diwaspadai

Jika tidak segera ditangani dengan benar, risiko terjadinya komplikasi infeksi ginjal akan meningkat. Padahal, komplikasi ini bisa membahayakan penderitanya.

Bukan hanya satu, tapi ada beberapa kondisi yang bisa muncul akibat infeksi ginjal yang Anda alami tidak segera mendapatkan penanganan. Penasaran? Ini dia ulasannya.

Komplikasi Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal merupakan salah satu gangguan ginjal yang berpotensi memicu terjadinya komplikasi apabila penyakit tersebut tidak segera diobati.

Komplikasi Infeksi Ginjal
Hemodialisa (cuci darah) pada pasien gagal ginjal

Bukan main-main, salah satu komplikasi yang bisa muncul akibat infeksi ginjal yang tidak mendapatkan penanganan adalah kerusakan pada ginjal.

Saat ginjal Anda secara perlahan mengalami kerusakan, maka fungsinya juga akan semakin menurun. Risiko untuk terkena gagal ginjal juga semakin besar.

Jika ginjal sudah mengalami kegagalan fungsi, penderita harus melakukan hemodialis atau cuci darah secara berkala untuk membantu membersihkan darah dari limbah.

Selain gagal ginjal, masih ada beberapa kondisi yang menjadi bagian dari komplikasi infeksi ginjal ini yang juga harus Anda waspadai kehadirannya.

Komplikasi Infeksi Ginjal Lainnya

Penyakit infeksi ginjal ini tidak hanya berpotensi menyebabkan gagal ginjal saja. Tapi, juga berpotensi atau memiliki kemungkinan untuk memicu beberapa kondisi di bawah, seperti:

1. Sepsis

Kondisi serius yang harus mendapatkan penanganan segera. Karena, komplikasi infeksi ginjal yang satu ini bisa berakibat fatal. Bakteri menjalar ke aliran darah dan dapat menyebar ke organ vital lainnya.

2. Abses ginjal

Kondisi lain yang juga bisa muncul akibat infeksi ginjal adalah abses. Cairan yang umumnya adalah nanah akan mengisi jaringan ginjal. Kondisi ini juga harus segera ditangani sebelum cairan abses menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk paru-paru.

3. Pielonefritis emfisematosa

Sebagian besar kasus ini terjadi pada penderita infeksi ginjal yang juga memiliki diabetes. Pada kasus pielonefritis emfisematosa ini, infeksi pada ginja menyebabkan jaringan ginjal rusak dengan cepat.

Sementara itu, apabila infeksi ginjal terjadi saat hamil, komplikasi kehamilan bisa terjadi, seperti: Kelahiran prematur dengan berat badan bayi yang rendah.

Maka dari itu, saat Anda mendapati gejala infeksi ginjal, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga, Anda bisa segera mendapatkan pengobatan.

Nah, itulah beberapa komplikasi infeksi ginjal yang harus Anda waspadai. Segera obati penyakit infeksi ginjal Anda sebelum kondisinya bertambah parah dan menimbulkan komplikasi.

Bagi Anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi infeksi ginjal secara alami, silakan kunjungi : Cara Mengobati Infeksi Ginjal.

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas sampai akhir. Semoga, artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari komplikasi infeksi ginjal.

Salam Sehat dan Semoga Lekas Sembuh

Komplikasi Infeksi Ginjal

1 Trackback / Pingback

  1. Faktor Risiko dan Penyebab Infeksi Ginjal yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*