Komplikasi Penyakit Gagal Ginjal dan Cara Mengatasinya

Ketika komplikasi penyakit gagal ginjal terjadi, kondisi pasien bisa bertambah buruk. Komplikasi umumnya terjadi ketika penyakit yang Anda derita tidak segera mendapatkan penanganan.

Komplikasi Penyakit Gagal Ginjal

Tidak hanya itu saja, selain ginjal, organ lain juga bisa ikut terpengaruh, salah satunya adalah jantung.

Komplikasi Penyakit Gagal Ginjal

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang dapat terpengaruh oleh penyakit gagal ginjal. Karena itu, gangguan jantung menjadi bagian dari komplikasi gagal ginjal.

Berdasarkan informasi yang diambil dari kompas pada tahun 2013 lalu, dr Tunggul Situmorang, SpPd-KGH mengatakan jika hampir 70% pasien dengan gagal ginjal mengalami sakit jantung.

Penderita gagal ginjal biasanya akan mengalami peningkatan cairan. Selain edema, peningkatan cairan tersebut juga dapat memaksa bebreapa organ bekerja lebih keras serta dapat mempengaruhi tekanan darah dan ketidakmampuan tubuh Anda untuk mengontrol potasium.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, salah satu penyebab kematian terbanyak.

Komplikasi gagal ginjal tidak hanya sebatas penyakit jantung, tapi juga dapat memicu terjadinya gangguan lain, seperti:

  • Hipertensi

Gangguan glomeruler yang terjadi pada penderita gagal ginjal dapat mempengaruhi tekanan darah pasien, sehingga memicu terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat memperburuk penyakit ginjal Anda.

  • Asidosis metabolik

Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan penyakit pada tulang. Selain itu, asidosis metabolik ini juga dapat menyebabkan kerusakan protein.

  • Anemia

Penyakit gagal ginjal kronis yang Anda alami juga berpotensi memicu terjadinya anemia. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya hormon eritrokosit yang membuat kemampuan sum-sum tulang untuk membentuk darah terganggu.

  • Disfungsi seksual

Penderita gagal ginjal, baik pria maupun wanita dapat mengalami disfungsi seksual, salah satunya mudah lelah ketika melakukan hubungan suami istri.

  • Hiperkalemia

Kondisi di mana kalium pada darah tinggi juga termasuk komplikasi penyakit gagal ginjal yang dapat terjadi. Kondisi ini dapat memicu gangguan pada jantung yang bisa berujung dengan kematian mendadak.

  • Dislipidemia

Seseorang dengan gangguan ginjal kronis juga dapat memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kondisi ini tentu saja akan mempengaruhi kesehatan pasien, termasuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Referensi sumber: https://health.detik.com/, https://lifestyle.kompas.com/.

Cara Mengatasi Komplikasi Penyakit Gagal Ginjal

Komplikasi penyakit gagal ginjal tidak bisa dibilang ringan, bahkan bisa dikatakan berbahaya. Maka dari itu, dibutuhkan tindakan penanganan sesegera mungkin untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Selain dengan mengikuti anjuran dokter, dengan disiplin konsumsi obat yang diresepkan dan cuci darah jika sebelumnya Anda sudah melakukannya, Anda juga perlu menjaga asupan makanan Anda.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk istirahat dengan cukup, menghindari stres, dan tetap rutin melakukan pemeriksaan untuk mengontrol kondisi ginjal dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Untuk meminimalisir efek samping, Anda juga bisa mengonsumsi ramuan herbal. Untuk mengatasi komplikasi gagal ginjal yang Anda alami, kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan Ekstrak Gamat Emas Kapsul.

Produk herbal terbaik saat ini yang dibuat dari 100% bahan alami dengan ekstrak teripang atau gamat emas sebagai komposisi utamanya. Dilengkapi dengan nano technology yang akan memudahkan tubuh dalam menyerap setiap khasiat dan manfaat dari teripang.

Teripang emas sendiri telah digunakan sebagai alternatif pengobatan sejak ratusan tahun lalu, termasuk untuk mengatasi gangguan penyakit ginjal seperti batu ginjal, infeksi ginjal, termasuk gagal ginjal, bahkan yang sudah harus melakukan cuci darah.

Silakan klik gambar di bawah untuk ulasan lebih lengkap mengenai khasiat dari Gamat Emas Kapsul, TESTIMONI, dan cara mendapatkannya.

Cara Mengatasi Komplikasi Gagal Ginjal

Semoga, Anda bisa terhindar dari kondisi yang lebih parah akibat komplikasi penyakit gagal ginjal. Jangan menyerah dan patah semangat, ya!! Semoga lekas sembuh.

Komplikasi Penyakit Gagal Ginjal dan Cara Mengatasinya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*