Macam Macam Batu Ginjal (Lebih Dari 2 Jenis)

Sudah tahu, belum? Ternyata, ada lebih dari 2 jenis batu ginjal yang bisa dialami seseorang, lho. Nah, macam macam batu ginjal inilah yang akan kami bahas kali ini.

Seperti yang kita ketahui, batu ginjal adalah kondisi dimana terbentuknya kristal atau batu di dalam ginjal yang disebabkan oleh banyak faktor. Dan, kurang minum air putih merupakan salah satu penyebab batu ginjal tersebut.

Saat ukurannya terlalu besar atau jumlahnya terlalu banyak, dokter akan menyarankan pasien (penderita batu ginjal) untuk melakukan operasi guna mengeluarkan batu tersebut. Karena, jika dibiarkan terus tanpa penanganan, dikhawatirkan batu ginjal dapat menyebabkan infeksi pada ginjal sampai dengan kerusakan permanen.

Nah, perlu Anda ketahui, bahwa batu ginjal ini ada cukup banyak jenisnya. Yang mana, salah satunya adalah batu kalsium yang merupakan jenis batu ginjal paling umum terjadi.

Berikut Daftar Macam Macam Batu Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

Setidaknya, ada lebih dari 2 macam jenis batu ginjal yang dapat terjadi. Dan, di bawah ini adalah beberapa diantaranya:

1. Batu Kalsium

Batu ginjal jenis batu kalsium ini merupakan jenis paling umum terjadi. Hampir pada sebagian besar kasus batu ginjal. Seperti namanya, batu di dalam ginjal tersebut terbentuk dari kalsium.

Nah, batu kalsium ini juga terbagi menjadi beberapa jenis. Yakni:

a. Batu Kalsium Oksalat

Macam Macam Batu Ginjal
Batu Kalsium Oksalat / Copyright : Kidney Atlas

Umumnya, batu ginjal jenis ini terbentuk akibat rendahnya keasaman atau tingkat pH urine. Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, hanya sekitar 7 mm. Biasanya masih dapat dikeluarkan tanpa operasi. Batu ginjal jenis kalsium oksalat ini masih bisa keluar melalui urine.

b. Batu Kalsium Fosfat

Macam Macam Batu Ginjal
Batu Kalsium Fosfat / Copyright : Kidney Atlas

Macam macam batu ginjal kalsium lainnya adalah kalsium fosfat. Jenis ini terbagi lagi menjadi 2 bagian, yakni brushite dan hydroxyapatite.

Jika pada jenis brushite terbentuk dari percampuran yang berimbang antara kalsium dengan ion fosfat, maka batu jenis hydroxyapatite terbentuk dari ketidakseimbangan antara kalsium dan fisfat.

Batu brushite tidak mudah hancur, sementara batu hydroxyapatite dapat menyumbat ginjal. Keduanya harus segera dikeluarkan sebelum menimbulkan masalah yang lebih complicated.

2. Batu Struvite

Macam Macam Batu Ginjal
Batu Struvite / Copyright : Kidney Atlas

Yang termasuk dalam macam macam batu ginjal lainnya adalah batu struvite. Zat pembentuk batu jenis ini terdiri dari fosfat, amonium, dan magnesium.

Umumnya, batu jenis ini muncul sebagai akibat dari adanya infeksi pada ginjal dan oleh bakteri tertentu. Batu jenis ini memiliki ukuran yang besar dan sulit keluar. Jika bergerak, batu ini bisa tersangkut di saluran ginjal atau saluran ureter yang berpotensi menyebabkan refluks urine yang akan kembali ke ginjal.

3. Batu Asam Urat

Macam Macam Batu Ginjal
Batu Asam Urat / Copyright : Kidney Atlas

Jenis selanjutnya adalah batu asam urat. Batu jenis ini juga termasuk yang sering terjadi. Batu asam urat terbentuk saat urine terlalu asam, salah satu tandanya adalah urine yang berwarna merah atau oranye.

Jenis batu ginjal ini lebih rentan terjadi pada mereka yang memiliki faktor risiko, seperti : Memiliki radang usus, kadar asam urat atau purine yang tinggi, sering konsumsi alkohol, terlalu banyak mengonsumsi protein, khususnya dari daging merah, serta yang memiliki frekuenl yang rendah.

4. Batu Cystine

Selanjutnya adalah batu ginjal jenis Cystine. Disebut Cystine karena, batu ini terbentuk akibat adanya gangguan genetis yang menyebabkan bocornya Cystine atau asam amino dari ginjal menuju urin.

Macam Macam Batu Ginjal
Batu Cystine / Copyright : Kidney Atlas

Jenis batu ginjal yang satu ini termasuk sulit untuk dicegah dan bisa tumbuh atau terbentuk sejak seseorang (calon penderita batu ginjal jenis ini) berusia belia.

Nah, itu dia beberapa jenis atau macam macam batu ginjal yang sebaiknya memang Anda ketahui disamping paham dengan gejala batu ginjal itu sendiri guna mencegah kondisi yang lebih parah.

Selain USG, pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengetahui jenis batu ginjal yang Anda derita. Sehingga, Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca informasi di atas. Semoga, dengan Anda mengetahui macam macam batu ginjal yang ada, Anda bisa mendapatkan pengobatan batu ginjal yang tepat. Sehingga, Anda bisa lekas sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

SALAM SEHAT dan semoga lekas sembuh, ya! Jangan menyerah dan terus semangat!

Macam Macam Batu Ginjal

1 Trackback / Pingback

  1. Hubungan Antara Asam Urat Dengan Batu Ginjal dan Cara Menanganinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*