7 Penyebab Batu Ginjal yang Mungkin Sering Anda Lakukan

Yuk! Ketahui faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab batu ginjal agar bisa terhindar dari penyakit ini. Pasalnya, ada beberapa aktivitas atau kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

Maka dari itu, kali ini, laman obatbatuginjalalami.my.id akan membagikan informasinya untuk Anda. Harapan kami, dengan Anda tahu penyebab dan juga faktor yang dapat meningkatkan risiko tekena batu ginjal, Anda bisa melakukan pencegahan sedini mungkin.

Penyebab Batu Ginjal

Masalahnya, pada tahap awal pembentukan batu ginjal seringkali hadir tanpa gejala. Dan, kebanyakan baru mengetahui dirinya memiliki batu ginjal saat kondisi sudah parah. Lebih daripada itu, mencegah lebih baik dari mengobati.

Nah, daripada Anda penasaran, langsung saja berikut informasi mengenai faktor-faktor paling umum yang bisa memicu terjadinya pembentukan batu ginjal.

7 Penyebab Batu Ginjal Paling Umum yang Mungkin Sering Anda Lakukan

Perlu Anda ketahui, setidaknya ada 7 kondisi yang menjadi penyebab batu ginjal dan bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena salah satu gangguan ginjal ini.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan dan atau memicu terbentuknya batu ginjal meliputi:

1. Kurang minum air putih

Jika Anda salah satu orang dengan kebiasaan mengabaikan minum air putih, maka ubahlah kebiasaan Anda. Pasalnya, kurang minum dapat meningkatkan risiko terjadinya pembentukan batu ginjal.

Ginjal membutuhkan air yang cukup untuk mengeluarkan limbah, partikel, dan zat-zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh melalui urine, termasuk kalsium maupun asam urat yang berubah menjadi kristal-kristal kecil.

Jika tubuh kekurangan air, maka, kemungkinan kristal-kristal tersebut mengendap di ginjal lebih besar. Kristal yang tidak larut dalam air dan mengendap di dalam ginjal inilah yang menjadi batu ginjal.

Maka dari itu, demi terhindar dari gangguan ginjal, termasuk batu ginjal, cukupi kebutuhan air Anda, minimal 7-8 gelas perhari.

Catatan : Kebutuhan air setiap individu biasanya berbeda-beda. Ada yang lebih dari 8 gelas atau kurang dari itu. Tubuh yang kekurangan air bisa dilihat dari warna urine yang agak atau menguning.

2. Memiliki faktor genetik

Penyebab batu ginjal yang satu ini memang tidak bisa di ubah. Tapi, bisa dicegah dengan cara menjalani gaya hidup sehat, termasuk menjaga asupan makanan Anda, berolahraga, istirahat cukup, dan bijak mengelola stres.

3. Konsumsi obat tertentu

Penyebab Batu Ginjal

Penggunaan obat-obatan resep secara berlebihan dan dalam kurun waktu yang lama tidak hanya dapat memicu terbentuknya batu ginjal saja. Tapi, juga dapat mempengaruhi kesehatan ginjal Anda. Bahkan, menurunkan fungsi ginjal Anda.

4. Konsumsi suplemen

Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen kesehatan yang dijual bebas di apotek, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Pasalnya, penggunaan suplemen kasium maupun vitamin C yang tidak sesuai dosis dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, lho.

5. Makanan yang dikonsumsi

Akan jadi percuma jika Anda tidak menjaga asupan makanan Anda, walaupun Anda sudah memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih. Pasalnya, memang ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Beberapa contohnya adalah:

  • Kafein
  • Pemanis buatan
  • Soda dan minuman berkarbonasi lainnya
  • Produk susu tinggi kalsium

6. Urine yang sedikit

Penyebab batu ginjal lainnya yang juga harus Anda tahu adalah urine yang terlalu sedikit. Selain karena dehidrasi, kondisi ini juga bisa dipicu oleh bekerja atau tinggal di tempat yang panas dan atau olahraga terlalu keras.

7. Diet

Anda pejuang diet, pastikan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi. Hal ini karena, berdasarkan hasil beberapa penelitian, ada beberapa jenis diet yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Salah dua diet yang berpotensi menyebabkan pembentukan batu ginjal adalah diet tinggi garam dan diet tinggi protein.

Penyebab Batu Ginjal Berdasarkan Jenisnya

Selain kondisi di atas, pembentukan batu ginjal juga dipengaruhi oleh jenisnya. Di bawah ini adalah penyebab batu ginjal berdasarkan jenisnya.

1. Batu asam urat. Jenis ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, terutama hasil sumbangan dari makanan yang kita konsumsi, misalnya kerang, daging, dan makanan lainnya. Jika Anda penderita GOUT, risiko Anda menderita batu ginjal jenis ini lebih tinggi.

2. Batu kalsium. Jenis batu ginjal paling umum. Disebabkan oleh tingginya kadar kalsium, baik akibat hiperkalsiuria, kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, maupun faktor lainnya.

3. Jenis lainnya adalah batu struvit. Salah satu jenis batu ginjal yang dapat berkembang dengan cepat dibandingkan jenis lainnya. Penyebab batu ginjal struvit adalah infeksi saluran kemih yang sudah berlangsung lama sekali tanpa mendapatkan penanganan.

4. Terakhir, batu ginjal jenis sistin. Pembentuk utama batu ginjal ini adalah asam amino sistin yang dikeluarkan oleh ginjal lebih banyak dari biasanya. Batu sistin merupakan jenis batu ginjal yang jarang sekali terjadi.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab batu ginjal yang sebaiknya Anda ketahui. Menghindari faktor-faktor di atas bisa membantu meningkatkan peluang Anda untuk terhindar dari risiko terkena batu ginjal dikemudian hari.

Terima kasih telah menyimak informasi di atas. Silakan bantu share jika menurut Anda informasi di atas penting juga untuk orang lain.

SALAM SEHAT

7 Penyebab Batu Ginjal yang Mungkin Sering Anda Lakukan

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Punggung Bawah Sering Sakit? Waspadai 7 Gejala Batu Ginjal Pada Pria dan Wanita
  2. Makanan Untuk Penderita Batu Ginjal yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi
  3. Macam Macam Batu Ginjal yang Harus Anda Tahu (Lebih Dari 2 Jenis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*