Faktor Risiko dan Penyebab Infeksi Ginjal

Inilah beberapa faktor risiko dan penyebab infeksi ginjal yang sebaiknya Anda ketahui. Karena, beberapa diantaranya mungkin tanpa sengaja sering Anda lakukan, lho.

Tahu penyebabnya juga dapat memudahkan Anda dalam melakukan upaya pencegahan. Karena, Anda sudah tahu apa saja yang harus dihindari. Sehingga, pencegahan yang Anda lakukan bisa memberikan hasil yang lebih optimal.

Seperti pepatah bilang “Mencegah lebih baik dari mengobati“, apalagi mengingat infeksi ginjal ini termasuk penyakit yang cukup berbahaya dan bisa memicu terjadinya komplikasi sampai dengan kegagalan fungsi ginjal.

Penyebab Infeksi Ginjal

Di bawah ini telah kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan terpercaya beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena infeksi ginjal. Ikuti sampai akhir, ya.

Penyebab Infeksi Ginjal

Perlu Anda ketahui, infeksi yang terjadi pada ginjal bisa dipicu oleh banyak faktor. Adanya infeksi pada saluran kemih yang tidak mendapatkan penanganan dalam waktu lama menjadi salah satunya.

Hal ini dikarenakan bakteri dalam kandung kemih dapat merambat sampai ke ginjal. Sehingga, bakteri tersebut juga menyebabkan infeksi pada ginjal.

Kondisi lain yang berhungungan dengan kandung kemih dan bisa menyebabkan infeksi ginjal ini juga meliputi:

  1. Rusaknya saraf-saraf yang ada disekitar kandung kemih
  2. Terjadi penyumbatan pada saluran kemih
  3. Menggunakan kateter dalam waktu yang lama
  4. Vesicoureteral refluks (saat urine dari kandung kemih malah kembali ke ureter dan ginjal)

Uretra wanita yang lebih pendek dibandingkan pria juga menjadi salah satu faktor yang membuat wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena infeksi ginjal.

Ureter yang pendek ini akan memudahkan bakteri masuk ke dalam kandung kemih untuk kemudian menginfeksi ginjal.

Untuk meminimalisirnya, Anda harus selalu menjaga kebersihan diri dan organ intim. Salah satunya dengan tidak melakukan perilaku seks bebas, apalagi tanpa menggunakan pengaman.

Faktor Risiko dan Penyebab Infeksi Ginjal Lainnya

Penyakit tertentu lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena infeksi ginjal ini meliputi:

  • Batu ginjal
  • Diabetes melitus atau kencing manis
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol
  • Peningkatan kadar asam urat yang berkepanjangan
  • Prostatitis

Perilaku seksual yang tidak sehat juga menjadi salah satu faktor risiko penyebab infeksi ginjal, lho. Wanita yang aktif secara seksual dan laki-laki yang sering melakukan anal seks memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena infeksi ginjal dikemudian hari.

Bakteri dapat dengan mudahnya masuk melalui ureter saat Anda melakukan kegiatan seks berisiko. Dan anus, merupakan tempat dimana bakteri banyak berkumpul.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang lemah juga menjadi bagian dari faktor risiko dan penyebab infeksi ginjal. Baik karena penyakit tertentu seperti DM atau HIV/AIDS maupun sebagai efek samping dari kemoterapi.

Nah, itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan penyakit infeksi ginjal. Beberapa penyebab mungkin tidak bisa diubah. Tapi, masih bisa ditekan dengan cara berikut:

Cara Mencegah Infeksi Ginjal

  1. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang, terutama buah-buahan dan sayuran
  2. Tetap berolahraga
  3. Istirahat dengan cukup
  4. Mengelola stres dengan bijak
  5. Melakukan medical check-up secara berkala, apalagi jika Anda memang memiliki penyakit tertentu seperti yang disebutkan di atas

Anda juga sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ketika mendapati pertanda atau gejala infeksi ginjal yang berupa bau urine yang lebih menyengat dari biasanya. Jangan mengabaikan perubahan sekecil apapun yang terjadi pada tubuh Anda.

Terima kasih sudah menyimak informasi penyebab infeksi ginjal dan juga faktor risikonya di atas sampai akhir. Semoga, apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan membantu menekan risiko Anda untuk terkena infeksi ginjal.

Salam Sehat

Faktor Risiko dan Penyebab Infeksi Ginjal

1 Trackback / Pingback

  1. Pantangan Makanan Penyakit Infeksi Ginjal yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*